Efek Bahaya Mengkonsumsi Es Teh Manis Air Limbah

Efek Bahaya Mengkonsumsi Es Teh Manis Air Limbah Baru baru ini masyarakat Indonesia khusus Jakarta tengah dikhawatirkan dengan beredarnya kabar pedagang nakal yang menjual es teh manis dicampur air limbah di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Efek Bahaya Mengkonsumsi Es Teh Manis Air Limbah

Menurut Prof Dr. Hardinsyah, MS, seorang ahli gizi sekaligus Ketua Umum Pergizi, air yang layak dikonsumsi adalah air yang memenuhi persyaratan dalam Permenkes Nomor 492 Tahun 2010. Adapun Pasal 1 Perkenkes terkait air minum berisi: air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Air yang layak untuk dikonsumsi ialah air yang tidak berasa. “Secara sederhana, air minum tersebut tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, serta tidak tampak ada padatan terlarut,” ungkap Prof Hardinsyah.

Air mentah yang dikonsumsi manusia akan menyebabkan risiko gangguan kesehatan. “Air mentah bila berasal dari permukaan tanah seperti sungai, sumur, tampungan hujan, dan lainnya – berisiko gangguan kesehatan,” ujar Prof Hardinsyah.

Namun kasus yang terjadi ketika air tersebut dicampurkan ke dalam bubuk minuman berperisa atau teh maka tampak dan rasanya akan berbaur. Oleh karena itu, akan sukar untuk dibedakan apakah air yang digunakan aman.

Untuk memastikan keamanan minuman yang hendak dibeli, kita perlu memperhatikan secara saksama tampilan hingga rasa air.

“Maka alternatifnya adalah memilih jajanan sehat, artinya memilih makanan jajanan bergizi dan aman,” saran Prof Hardinsyah.

Demikianlah informasi mengenai Efek Bahaya Mengkonsumsi Es Teh Manis Air Limbah yang kami kutip dari Liputan6.com . Semoga bermanfaat 🙂

Post By : Cara Memesan Jelly Gamat QnC

Tinggalkan komentar